Senin, 03 Desember 2007

DIVERGEN DAN KONVERGEN (Part 2)


Manusia memiliki dua pola pikir yang fundamental, yaitu secara divergen dan konvergen. Pola pikir konvergen ini dapat diartikan sebagai pola pikir terfokus atau spesifik, sementara pola pikir divergen diartikan sebagai pola pikir yang menyebar atau menjauh. Untuk lebih memahami kedua pola pikir ini, maka akan saya jelaskan melalui contoh sederhana berikut:

Pemicu pola pikir konvergen adalah pertanyaan yang spesifik atau tertutup. Misalkan, menanyakan warna buah, menanyakan nama hewan, menanyakan agama, menanyakan hasil pengurangan atau penjumlahan atau perkalian atau pembagian dan pertanyaan lain yang spesifik. Kemudian sebaliknya untuk pemicu pola pikir divergen, maka pertanyaan yang diajukan berupa pertanyaan yang tidak jelas, atau samar-samar. Misalkan, menanyakan bagaimana cara menaikkan layangan, bagaimana cara membuat sebuah lukisan, bagaimana cara memperoleh pasar untuk sebuah usaha, dan lain sebagainya. Dari contoh diatas maka pemikiran konvergen dikaitkan dengan fokus dan mengarah pada jawaban tertentu. Terpusat pada sasaran akhir merupakan keinginan dasar dari jenis cara berpikir ini. Disisi lain, pemikiran divergen dikaitkan dengan eksplorasi dan kreativitas, terbuka dan bergerak menjauh.

Untuk orang yang bersentuhan dengan dunia pendidikan, dunia kerja pada bidang science dan engineering, maka pola pikir konvergen akan sangat dihargai. Karena pola pikir ini akan terbentuk dengan sendirinya dan tanpa disadari oleh orang tersebut. Sedangkan, orang yang cenderung memiliki pola pikir divergen akan kurang dihargai dalam dunia ini, karena dapat dinilai sebagai orang yang "ngawur". Secara umum, manusia tidak bisa menjalankan kedua pola pikir ini sekaligus secara bersamaan. Akan tetapi, manusia yang memiliki pemahaman terhadap dirinya sendiri, diikuti pemahaman terhadap lingkungan sekitarnya, akan dapat melakukan kontrol terhadap dua pola pikir ini. Tidak selamanya, orang yang berkecimpung dalam dunia science harus berpikir yang pasti dan tidak memikirkan pola pengembangan kedepan atas masalah yang dihadapinya. Dan sebaliknya, tidak selamanya orang yang bekerja di lingkungan yang menuntut inovasi harus berpikir ngelantur terlalu jauh dan tidak memikirkan segi real-nya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Divergen konvergen???
Cembung cekung????
matkul OPTIK ya mas???
hohohoho...
wah
aq dapet A tuw...
astapirloh...
ndak bole sombong...


Masquw2...
tau cecuatu ndak?
(mesti bilang ndak tau, makanya aq kasi tau sesuatu)

Kan gini critanya mas, kan ada orang tuw, dy tu co, skrg tinggalna di JKT
Ciri2 na gni nich:
1.kayak Winnie the Pooh
2.palana plontos...
kayak pentol korek, tapi ada yang bilang kayak pentol bakso.
(hahahahahahahaha..)
3.wah pokokna mblung dee mas orang na.
4.buandelna PWOOL!!!
5.klo crita tuw ndak ada titik(.) na, wah....klo mo bo2 trus denger critana, kayak didongengin.
wakaakakakkkk.....
6.ini nich ciri khususna,
"jarang mpung"

(mesti tato emping na banyak tuw!!!
trus klo malem, para nyamuk betina siap b'aksi lah pokokna).

yayach...itulah mas ciri2na.
klo masquw nie ketemu ma orangna, bilangin ya!
dapet pesen dari QnTaMaNiZ...
gini nich:
"jgn lupa mpung 2x sehari 'n beli bedak, biar ndak gatel2"

bentar,bentar mas...
we'e'e'e'e...
Lah???kuk ciri2na beda jauh ya cama masquw nie...
JANGAN-JANGAN....

TOBECONTINUE

CREATED BY:
QnTaMaNiZ
(=^_^=)

Anonim mengatakan...

waduh nuhun pisan ilmunya teh kang'... parunten iyeuh halaman nya teh dikopi... nuhun saloba-lobanya... hwehehehe

Unknown mengatakan...

makasih.ini sangat bermanfaat sekali
wassalamualaikum wr.wb